Balmon Banten Uji 119 Pegiat Amatir Radio pada UNAR Perdana 2018

16-05-2018

Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI Dwi Handoko memberikan sambutan saat membuka UNAR Tahap I Tahun 2018 Banten yang diselenggarakan Balmon SFR Kelas I Banten di Gedung Center of Excelent Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cilegon, Banten pada Minggu (6/5/2018).

Cilegon (SDPPI) - Ditjen SDPPI, melalui Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Banten, berkerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Kota Cilegon pada Minggu (6/5) menggelar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) tahap pertama tahun 2018 yang diikuti 119 pegiat amatir radio di Provinsi Banten.

Dari 119 peserta UNAR yang diselenggarakan di Gedung Center of Excelent Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cilegon ini, 107 di antaranya adalah peserta tingkat Siaga, 10 orang Penggalang, dan 2 peserta untuk tingkat Penegak.

Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI Dwi Handoko menyampaikan terima kasih atas animo yang tinggi dari masyarakat Banten untuk mengikuti UNAR dan menjadi anggota ORARI.

“UNAR merupakan rangkaian dari sertifikasi dan uji kompetensi dalam rangka untuk mendapatkan Izin Amatir Radio (IAR),” kata Dwi Handoko dalam sambutannya ketika membuka UNAR ini.

Setelah mendapatkan IAR, kata Dwi, barulah para pegiat amatir radio diperkenankan untuk mengudara atau menggunakan spektrum frekuensi radio yang telah dialokasikan untuk amatir radio sesuai dengan tingkatan dan ketentuan teknis yang berlaku.

Para peserta UNAR di Kota Cilegon ini mendaftarkan diri secara online melalui sistem aplikasi e-Licensing Amatir Radio dan membayarkan biaya ujian secara host to host melalui bank mitra Ditjen SDPPI.

Pelayanan e-Licensing Amatir Radio merupakan bukti komitmen Ditjen SDPPI dalam memberikan pelayanan secara transparan, cepat, akurat, dan akuntabel, kepada masyarakat.

Pelayanan e-Licensing Amatir Radio telah diterapkan Ditjen SDPPI di Unit Pelaksana Teknis (UPT) di berbagai daerah di Indonesia sejak 2017 lalu. Tahun ini, pelayanan online itu diharapkan bisa diterapkan merata di semua UPT.

Hadir dalam pembukaan UNAR Cilegon Plt Direktur Pengendalian SDPPI Nurhaedah, Kasubdit Sertifikasi Operator Radio, Direktorat Operasi Sumber Daya Rusdi Ahmad Tumaling, Kabalmon SFR Kelas I Banten KGS Sazili, Ketua ORARI Daerah Banten Panji, Ketua ORARI Daerah Jakarta Budi Halim, dan Ketua ORARI Lokal Cilegon.

(Sumber/foto: UPT Banten)

Siaran Pers

114/HM/KOMINFO/05/2018
24-05-2018

Penjelasan Adanya Hoax Terkait Informasi Viral IMEI dan Cyber Crime Polri

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

SIARAN PERS NO. 51/HM/KOMINFO/02/2018
18-02-2018

Kecepatan Sertifikasi Smartphone Dorong Kecepatan Produk Baru Hadiri Masyar…

Seputar SDPPI

SDM SDPPI Harus Mumpuni untuk Jawab Berbagai Perubahan
16-07-2018

Bogor (SDPPI) - Dalam menghadapi berbagai perubahan dunia yang sangat dinamis ke depan,...

SDPPI Terus Tingkatkan Kompetensi Pengendali Frekuensi
16-07-2018

Bogor (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Terdakwa Penjual Perangkat Ilegal di Jakarta Divonis 4 Bulan Penjara
15-07-2018

Jakarta (SDPPI) - Pengadilan Negeri Jakarta Barat dalam persidangan minggu kedua Juli 2018...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika