Workshop Penerapan Band-Plan dan Channeling-Plan Microwave Link

29-07-2016

Surabaya (SDPPI) - Direktorat Operasi Sumber Daya, Ditjen SDPPI pada Rabu (27/7) di Kantor Balai Monitor Kelas II Surabaya, menyelenggarakan “Workshop Penerapan Band-Plan Dan Channeling-Plan Microwave Link Pita 4.4 - 80 GHz”, yang dihadiri oleh para operator telekomunikasi (Telkom, Telkomsel, Indosat, XL Axiata, H3I, Smartfren Telecom, Smart Telekom, Sampoerna Telekom, IM2, Aplikanusa Lintasarta), vendor perangkat telekomunikasi (Huawei, Ericsson, Nokia Siemens Network, ZTE), UPT Monitor Spektrum Frekuensi Radio serta satuan kerja lainnya di lingkungan Ditjen SDPPI.

Kegiatan ini dibuka oleh Kasubdit Pelayanan Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat, Direktorat Operasi Sumber Daya, Jenny Mien Lumingkewas, mewakili Direktur Operasi Sumber Daya. Dalam sambutannya Jenny, menyampaikan esensi dari penyelenggaraan workshop ini antara lain untuk mensosialisasikan penerapan band-plan dan channeling-plan Microwave Link Pita 4.4 - 80 GHz sebagai tindak lanjut dari penetapan Peraturan Menteri Kominfo No. 33 Tahun 2015 tentang Perencanaan Penggunaan Pita Frekuensi Radio Microwave Link Titik Ke Titik (Point-To-Point) serta Peraturan Menteri Kominfo No. 34 Tahun 2015 tentang Persyaratan Teknis Perangkat Komunikasi Radio Microwave Link Titik Ke Titik Dengan Sistem Digital Hybrid, sebagai pedoman teknis dalam perizinan ISR Microwave Link. Jenny juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan peran serta para operator telekomunikasi dan vendor perangkat telekomunikasi selaku pengguna layanan publik Ditjen SDPP dalam peningkatan pelayanan perizinan penggunaan frekuensi radio yang mengedepankan prinsip transparansi, partisipasi dan inovasi.

Workhsop berjalan secara interaktif dengan narasumber dari Direktorat Penataan Sumber Daya (Kamal M. Saleh) yang membahas terkait dengan kebijakan penataan frekuensi radio untuk keperluan Microwave Link termasuk E-Band, Direktorat Operasi Sumber Daya (Ibnu Mawardi) mengulas hal-hal terkait dengan pelayanan perizinan ISR Microwave Link serta dukungan sarana perizinan berbasis online (elicensing dan Sistem M2M), Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika (Budhi Setiyanto) memaparkan tentang persyaratan teknis dan sertifikasi perangkat Microwave Link dan Kepala Balmon Kelas II Semarang (Hercules Sitorus) yang mengulas secara komprehensif tentang pelaksanaan monitoring dan penertiban stasiun radio Microwave Link di lapangan.

Siaran Pers

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

SIARAN PERS NO. 51/HM/KOMINFO/02/2018
18-02-2018

Kecepatan Sertifikasi Smartphone Dorong Kecepatan Produk Baru Hadiri Masyar…

Siaran Pers No. 05/HM/KOMINFO/01/2018
10-01-2018

Pelantikan Promosi dan Mutasi Jabatan di Lingkungan Direktorat Jenderal Sum…

Seputar SDPPI

Ismail: Perlu Pemerataan Jenjang Skill SDM di Tiap UPT
23-04-2018

Bogor (SDPPI) - Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian...

SDPPI Ingin Diklat Monitoring SFR Cidokom Jadi Standar Nasional
23-04-2018

Bogor (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Balmon Bajarmasin Dorong Pengguna Frekuensi Kalsel Manfaatkan Perizinan Online
20-04-2018

Banjarmasin (SDPPI) - Balai Monitor Frekuensi Radio Kelas II Banjarmasin pada Kamis (19/4)...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika