Adakan Penertiban Nasional, Bentuk Komitmen Ditjen SDPPI Terus Lakukan Pengawasan Penggunaan SFR

Adakan Penertiban Nasional, Bentuk Komitmen Ditjen SDPPI Terus Lakukan Pengawasan Penggunaan SFR

Jakarta (SDPPI) – Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melaksanakan Penertiban Nasional tahap I (satu) secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan mengusung tema “Tertib Penggunaan Frekuensi Radio”.

“Pada penertiban pertama tahun 2024, Direktorat Jenderal SDPPI melakukan fokus penertiban pada perangkat microwavelink yang dimiliki oleh operator seluler, karena dari data yang dimiliki bahwa salah satu penghasilan utama dari ISR itu berasal dari microwavelink yang dimiliki oleh operator seluler dan juga seringkali ini yang menjadi masalah dilapangan, maka dari itu microwavelink dijadikan fokus penertiban kali ini” ucap Kepala Balai Monitor SFR Kelas I Jakarta Rachman Baharuddin, Rabu (29/5/2024).

Lebih lanjut Kabalmon SFR Kelas I Jakarta menjelaskan bahwa nantinya apabila ditemukan pelanggaran dilapangan, Tim dari Balai Monitor akan melakukan tindakan sesuai dengan SOP yang ada. “pertama akan dilakukan pengamanan perangkat dan diberikan teguran serta sanksi administrasi denda sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan” jelasnya.

Pada kesempatan ini juga Rachman mengingatkan bahwa spektrum frekuensi radio ini merupakan sumber daya yang terbatas sehingga perlu diatur agar dapat digunakan semaksimal mungkin dan ada izin tertentu agar saat digunakan tidak terjadi interverensi.

“Jadi tujuan utama dilakukannya penertiban ini agar penggunaan yang dilakukan semua sudah sesuai izinnya serta tertib dalam penggunaannya, namun tidak hanya spektrum frekuensi radio saja melainkan perangkat yang digunakan juga harus sudah tersertifikasi” jelasnya.

Dan juga apabila seluruh element sudah menggunakan semua itu dengan sesuai, tidak akan terjadi hal-hal yang merugikan dan juga tidak ada kendala yang terjadi dilapangan. “saya harap ini nanti akan bisa terwujud” tutup Rachman.

Penertiban Nasional merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) secara rutin, dimana kegiatan ini pertama kali dilakukan pada tahun 2019 dan direncakan ada 4 kali penertiban yang akan dilakukan pada tahun 2024. Adapun penertiban tahap satu ini akan dilakukan mulai tanggal 27 s.d 31 mei 2024 secara serentak yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal SDPPI.

Sumber/ Foto : Fandi R, Setdijten

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS-Fest 2024`