Balmon Banjarmasin Atasi Gangguan Siaran Belajar dari Rumah

Tim Monitoring Balmon Klas II Banjarmasin bersama Teknisi TVRI Banjarmasin sedang melakukan monitoring penanganan gangguan channel CH 40 frekuensi 623,25 MHz TVRI Banjarmasin.

Banjarmasin (SDPPI) – Warga Kampung Baru, Kelurahan Sungai Paring, Kabupaten Banjar, dapat menikmati kembali Program Pendidikan Belajar dari Rumah. Sebelumnya, selama sepekan, siaran pendukung upaya pemerintah mengatasi Pandemi Covid-19 itu, mengalami gangguan.

“Gangguan pada Channel 40 Frekuensi 623,25 Mhz TVRI Banjarmasin telah berhasil diatasi,” kata Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Klas II Banjarmasin Mujiyo, melalui siaran persnya, Senin (18/5/2020).

Berdasarkan Surat Kepala Stasiun TVRI Banjarmasin No.112/II.6/TVRI/2020 tertanggal 7 Mei 2020, perihal Permohonan Pengecekan Frekuensi Channel 40, disampaikan siaran Pendidikan Belajar dari Rumah mengalami gangguan. Kerjasama TVRI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang wajib diikuti anak didik dari tingkat PAUD sampai SMU, tidak bisa diterima dengan baik oleh warga Kampung Baru, Kelurahan Sungai Paring, Kabupaten Banjar.

Gangguan terjadi pada jam-jam tertentu pada pagi dan siang hari. Petugas teknis dari TVRI Banjarmasin sudah melakukan upaya scan ulang pada pesawat televisi milik masyarakat, namun terjadi gagal scan pada Channel CH 40 Frekuensi 623,25 MHz.

Balmon Banjarmasin segera menindaklanjuti laporan dengan menugaskan Tim Monitoring Frekuensi Radio untuk melakukan koordinasi dengan petugas dari TVRI. “Selama melakukan kegiatan penanganan gangguan, tetap menerapkan social distancing, mengingat lokasi terjadinya gangguan termasuk daerah terpapar Covid-19,” ujar Mujiyo.

Setelah tahapan penanganan gangguan dilaksanakan, dilakukan monitoring selama tiga hari, 11 hingga 13 Mei 2020, dengan menggunakan perangkat monitoring Spectrum Analyzer (Agilent N9344C) Direction Finder dan Receiver (R&S DDF 007). Berdasarkan hasil monitoring pada CH 40 frekuensi 623,25 MHz dan pemantauan televisi milik pelanggan yang terganggu, serta televisi masyarakat di sekitarnya, gangguan sudah tidak terpantau lagi (clear). Siaran Pendidikan Belajar dari Rumah kembali bagus.

“Hal ini tentu akan membantu para anak didik, mulai dari PAUD sampai tingkatan SMU, dalam melaksanakan program belajar di rumah di tengah situasi pandemi seperti saat ini,” ujar Kepala Stasiun TVRI Banjarmasin Triyono, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada pihak Balmon Banjarmasin melalui suratnya tertanggal 15 Mei 2020.

Guna mencegah terjadinya gangguan, diimbau kepada semua pengguna frekuensi radio tetap mematuhi ketentuan operasional penggunaan frekuensi radio, serta memenuhi legalitas penggunaan frekuensi radio dan perizinanya.

(Sumber/foto : Mujiyo, Balmon Banjarmasin)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`