Bersiap Implementasi E-Licensing, Balmon Surabaya Gelar Workshop Amatir Radio

Suasana Workshop Amatir Radio di Surabaya

Surabay (SDPPI) - Guna mendorong kesiapan implementasi e-licensing amatir radio di Jawa Timur sampai di tingkat ORARI Lokal, Balai Monitor Kelas I Surabaya kembali menyelenggarakan 'Workshop Amatir Radio 2018' bertempat di Blitar kota Patria, 9 September 2018. Balai Monitor Kelas I Surabaya melalui program kegiatannya berupaya menstimulasi dan memberikan perhatian tersendiri terhadap keberadaan 7000 anggota amatir radio di Jawa Timur. Selain kompetensi di bidang komunikasi radio dan pengembangan elektronika, amatir radio di Jawa Timur harus terbiasa dalam penggunaan aplikasi elektronik yang berbasis online, sehingga mampu beradaptasi dan memiliki daya saing di era teknologi 4.0.

Kegiatan workshop dikuti oleh 32 pengurus ORARI Lokal Se-Jawa Timur guna mempersiapkan tenaga terampil sebagai pioneer disetiap ORARI Lokal, dan diharapkan dapat membantu dan mengatasi kesulitan calon anggota amatir radio dalam penerapan e-licensing layanan amatir radio, mulai dari proses pendaftaran akun, pendaftaran peserta ujian, cetak SPP, kartu ujian, hasil ujian hingga cetak Sertifikat Kecakapan Amatir Radio [SKAR] dan Izin Amatir Radio [IAR]. Narasumber yang dihadirkan untuk memberikan materi dalam workshop berasal dari Subdit Pengelolaan SIMS Direktorat Pengendalian SDPPI, Balai Monitor Kelas I Surabaya dan ORARI Daerah Jawa Timur.

Kegiatan workshop ini merupakan bagian dari penyelenggaraan Ujian Negara Amatir Radio Tahap II 2018 di Jawa Timur yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2018. Hingga saat ini peserta yang sudah terdaftar di web e-licensing sebagai peserta Ujian Negara Amatir Radio sebanyak 225 peserta. Sekembalinya peserta workshop ke ORARI Lokal masing-masing diharapkan berdampak pada peningkatan jumlah peserta ujian dan kesadaran dalam ketertiban penggunaan frekuensi radio khususnya pada band amatir radio.

(Sumber/foto: Syamsul Huda, Balmon Surabaya)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `Infografis`