Ditjen SDPPI Hibahkan Aset Tanah Ke Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Ditjen SDPPI Hibahkan Aset Tanah Ke Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Kuta (SDPPI) – Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) hibahkan aset tanah milik Balai Monitor SFR Kelas I Surabaya kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

“Perjalanan cukup panjang karena kita mulai melakukan survei pada awal September 2023 dan proses administrasi memakan waktu kurang lebih 3 bulan, saya harap aset tanah ini dapat bermanfaat untuk umum dan dapat dikelola dengan baik oleh Pemkab Banyuwangi” ucap Ketua Tim Umum dan Rumah Tangga Dimas Yanuarsyah, Rabu (12/6/2024).

Lebih lanjut Dimas menyampaikan bahwa segala proses administrasi berjalan dengan lancar dan sudah selesai sejak tanggal 29 April 2024, sehingga aset tanah sudah dapat diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. “jadi segala administrasi sudah lengkap, sehingga Pemkab Banyuwangi sudah bisa memanfaatkan tanah yang dihibahkan” tambahnya.

Sebidang aset tanah seluas 2.300 m2 yang dimiliki oleh Balai Monitor SFR Kelas I Surabaya yang terletak di Jalan Raya Gambor, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Adapun aset tanah yang dimiliki dari tahun 2017 ini merupakan lahan penempatan stasiun monitoring radio yang sudah tidak terpakai.

Dikesempatan yang sama Kepala Balai Monitor SFR Kelas I Surabaya Sular menyampaikan bahwa, awalnya tanah ini akan digunakan untuk penempatan stasiun monitoring radio dibidang spektrum frekuensi radio, namun dalam perjalanannya lahan ini tidak terpakai karena letak lahan tidak memungkinkan atau bisa dibilang kurang cocok sebagai tempat monitoring.

“Maka dari itu agar lebih bermanfaat kita hibahkan aset tanah tersebut kepada Pemkab Banyuwangi yang lebih membutuhkan” ucapnya.

Ia juga berharap pertemuan ini merupakan awal dari terjalinnya kolaborasi Direktorat Jenderal SDPPI khususnya Balai Monitor SFR Kelas I Surabaya dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. “saya harap pertemuan ini tidak terputus, dan kedepannya nanti bisa adanya kerjasama lain khususnya dibidang spektrum frekuensi radio” jelasnya.

Hadir perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan & Aset Daerah Kabupaten Banyuwangi Ika Herdiana Friaresta, Ia mengungkapkan apresiasi tinggi Kepada Ditjen SDPPI Kemkominfo khususnya Tim Kerja Umum dan Rumah Tangga serta Pak Dimas selaku Ketua Tim. “saya ingin mengapresiasi untuk Pak Dimas dan tim terkait kerja kerasnya pada agenda hibah aset tanah, dan mudah-mudahan pemindahan aset BMD menjadi BMN ini tidak terjadi kendala” ucapnya.

Ika juga menyambut dengan baik terkait usulan Kerjasama antara Ditjen SDPPI dan Pekmab Banyuwangi kedepannya. “saya menantikan ada kerjasama lanjutan khususnya terkait spot/stasiun monitoring yang nantinya dibutuhkan oleh Balai Monitor SFR Kelas I Surabaya, kami dari Pemkab Banyuwangi siap membantu terkait rekomendasi tempat maupun Lokasi penempatan” sambungnya.

Kegiatan Penyerahan Sertifikas Aset Tanah dari Ditjen SDPPI Kemkominfo kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi diselenggarakan pada 13 Juni 2024 bertempat di Hotel Truntum, Kuta, Bali. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Biro Keuangan Kemkominfo, Tim URT Setditjen SDPPI, Balai Monitor SFR Kelas I Surabaya, Balai Monitor SFR Kelas I Denpasar, serta Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Sumber/ Foto : Fandi R, Setditjen.

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS-Fest 2024`