Ditjen SDPPI Kerjasama Dengan BRIN Tingkatkan Kompetensi Menulis Karya Ilmiah

Ketua Tim Manajemen SDM, Organisasi, dan RB Siti Chadidjah membuka kegiatan Bimtek Penulisan Karya Tulis Ilmiah,didampingi narasumber BRIN, Selasa (21/11/2023).

Jakarta (SDPPI) – Sebagai bentuk komitmen pimpinan dalam mendukung pengembangan kompetensi seluruh pegawai, Sekretariat Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Karya Tulis Ilmiah.

“Untuk bimtek karya tulis ilmiah ini memang kami fokuskan untuk jabatan fungsional, yang kegiatannya melakukan analisis dan evaluasi, sehingga materi ini akan dibutuhkan oleh para pejabat fungsional” ucap Ketua Tim Kerja Manajemen SDM, Organisasi, dan Reformasi Birokrasi Siti Chadidjah dalam sambutannya saat membuka acara mewakili Plt. Sesditjen SDPPI, Selasa (21/11/2023).

“Selain itu materi ini juga diperlukan pegawai yang sedang berkuliah untuk membantu dalam menyusun tugas akhirnya nanti” tambahnya.

Setelah sebelumnya 14 pegawai telah mengikuti bimtek serupa, kali ini bertempat di Hotel Orchardz Industri Jakarta Pusat, sebanyak 16 peserta yang berasal dari kantor pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) kembali menerima materi dari BRIN yang telah berpengalaman dalam menyelenggarakan pelatihan penulisan karya ilmiah.

Beberapa materi yang akan diterima dalam bimtek yang diselenggarakan mulai tanggal 21 sampai dengan 23 November 2023, diantaranya pengenalan Karya Tulis Ilmiah (KTI), juga materi pengenalan gaya selingkung dan mendeley. Selanjutnya juga ada materi pengenalan naskah kebijakan dan struktur serta kode etik dan tatacara penulisan naskah kebijakan yang akan dibutuhkan pejabat fungsional dalam membuat policy brief. Di akhir bimtek, para peserta akan melakukan praktek penulisan naskah kebijakan dan jurnal Kominfo.

Pada kesempatan yang sama Siti Chadidjah juga berpesan kepada para peserta untuk dapat memanfaatkan waktu 3 hari kedepan dengan berperan aktif menggali ilmu dari narasumber yang sudah expert di bidangnya.

Salah satu peserta yang berasal dari UPT Banjarmasin, Muayyanah berharap dengan mengikuti bimtek ini dapat meningkatkan kompetensi khususnya di bidang penulisan KTI. ”Apalagi untuk teman-teman yang sedang melanjutkan kuliah S2 dan S3, semoga dapat membantu dalam penyusunan tugas akhirnya nanti” tambahnya.

(Sumber/Foto: Nita/Mukhsinun, Setditjen)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS-Fest 2024`