Gandeng RAPI, Balmon Manado Siapkan MOTS 2020

Foto bersama saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Sulawesi Utara, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas II Manado, memperkenalkan Program Maritime on the Spot (MOTS), Manado (7/12/2019)

Manado (SDPPI) – Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas II Manado, saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Sulawesi Utara, memperkenalkan Program Maritime on the Spot (MOTS) yang akan dilaksanakan di Manado tahun depan.

Ini waktu yang tepat untuk mensosialisasikan layanan MOTS yang digagas Ditjen SDPPI Kemkominfo dalam mendekatkan dan mempermudah nelayan memikili ISR Kapal,” kata Kepala Balmon Manado Syamsul Huda saat memberi sambutan pada Rakerda RAPI di Aula Balai Diklat Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (7/12/2019).

Rakerda dan Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kegiatan Amatir Radio dan Komunikasi Radio Antar Penduduk itu dihadiri oleh anggota dan pengurus RAPI se-Sulawesi Utara, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkomindo), serta Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah Mitra Kerja Rapida Sulawesi Utara.

Dengan terbitnya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 17 Tahun 2018, maka layanan Izin Komunikasi Radio Antar Penduduk (IKRAP) saat ini berbasis online semakin mudah, cepat dan dapat diproses pada hari yang sama (sameday). Bagi anggota RAPI, harus melakukan sinkronisasi data IKRAP yang dimiliki untuk menghindari pencabutan akibat kadaluwarsa.

Anggota RAPI di Sulawesi Utara saat ini tidak kurang dari 1.200 orang. “Ini potensi yang bisa difungsikan sebagai kanal informasi pemerintah, termasuk aktivitas sosial dan kebencanaan,” ungkap Syamsul Huda.

Sulawesi Utara memiliki potensi pariwisata dan perikanan yang besar. Salah satunya adalah Kota Minapolitan Bitung dengan sumber daya laut dan perikanan yang mancapai 587 ribu ton. Di Bitung juga terdapat ribuan kapal nelayan yang menggunakan frekuensi untuk komunikasi radio antara darat, kapal lampu, rumpon dan kapal penangkap.

Syamsul Huda berharap keberadaan RAPI dapat memberikan dukungan maksimal, agar MOTS 2020 berhasil dengan baik, lancar dan optimal dalam memberikan pelayanan kepada nelayan di Sulawesi Utara. “Keberadaan frekuensi radio sebagai infrastruktur telekomunikasi dapat menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara,” katanya.

MOTS 2020 akan dilaksanakan di 22 wilayah UPT Ditjen SDPPI Kemkominfo. Kegiatan tersebut merupakan program lanjutan dari MOTS 2019 yang telah dilaksanakan di delapan UPT, yaitu Jakarta, Banten, Bandung, Semarang, Surabaya, Makasar, Padang, dan Kendari.

(Sumber / foto : Kasno/ Balmon Manado)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`