Infrastruktur Mandalika Gunakan Backbone Empat Jalur dan Backhaul

Konferensi Pers Dirjen SDPPI Mandalika

Mandalika (SDPPI) – Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menerapkan jaringan backbone dengan empat jalur utama pada infrastruktur telekomunikasi di areal Sirkuit Mandalika.

Bahkan, jalur cadangan khusus berupa jaringan backhaul yang dikerjasamakan dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) juga dipasang. “Alhamdulillah, saat ini progress sudah berjalan cukup baik, hampir semua jaringan sudah disiapkan. Artinya kalau ada jalur yang terputus, kita masih memiliki jalur cadangan, bahkan ada satu jalur khusus yang dibangun untuk event Mandalika ini, yaitu jalur Lombok-Bali,” ujar Dirjen SDPPI Ismail dalam press conference di Sirkuit Mandalika, Jumat (11/2/22).

Kemkominfo bersama operator seluler, pada persiapan Pramusim MotoGP 2022 yang telah berlangsung pada 11 hingga 13 Febriari 2022, ingin memastikan kesiapan infrastruktur di Sirkuit Mandalika.

Empat jalur ini sudah dibangun dengan kapasitas yang sangat besar. Di sekitar Sirkuit Mandalika juga sudah dibangun jaringan back hold yang bekerjasama dengan ITDC. Jaringan ini juga sudah siap sebagai jaringan infrastruktur bersama, yang nantinya dapat digunakan oleh seluruh operator seluler.

Selain itu, layanan 4G dan 5G juga disiapkan oleh operator seluler. Ismail mengungkapkan dua operator seluler menggelar 5G di Mandalika, yaitu Telkomsel dan XL Axiata. “Kita menyiapkan 5G dalam event di Mandalika ini. Ada dua bentuk 5G, yakni 5G showcase dan 5G experience,” ujar Ismail.

Lebih lanjut, Dirjen SDPPI menjelaskan untuk 5G showcase ini jaringan tersebut akan dihadirkan di ruangan, sehingga masyarakat yang ada di Mandalika bisa mengetahui kalau 5G bisa dimanfaatkan apa saja. Ada 5G yang beroperasi secara penuh, komersial, yang disiapkan oleh Telkomsel dengan beberapa Base Transceiver Station (BTS). “Untuk jaringan 5G Telkomsel sudah on, XL Axiata dalam proses,” tuturnya.

Dengan kesiapan jaringan telekomunikasi yang berlapis ini, Ismail menegaskan Indonesia sangat siap menyelenggarakan MotoGP. Terbukti, saat gelaran Pra Musim MotoGP kemarin, seluruh sistem dinyalakan dan dipastikan tidak ada kendala.

Sementara itu, Vice President Network Service Management Area Jawa Bali Telkomsel Juanita Erawati menambahkan Telkomsel telah memastikan ketersediaan konektivitas digital dengan teknologi mobile broadband 4G/LTE yang merata, serta menjadi operator telekomunikasi pertama yang menghadirkan jaringan ultra-broadband terkini 5G, untuk mendukung kenyamanan pengalaman digital masyarakat Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

“Saya berharap pengalaman digital masyarakat di NTB juga akan semakin maksimal, terutama ketika menikmati dan mengabadikan keseruan event MotoGP Mandalika” jelas Ismail.

(Sumber/Foto : Fandi R/ Alifa)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS-Fest 2024`