Kontribusi Ditjen SDPPI Wujudkan Laporan Keuangan sebagai Basis Pengambilan Keputusan

Sesditjen SDPPI Wayan Toni Supriyanto membuka kegiatan Laporan Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2022, bertempat di Tangerang, Senin (16/01/2023).

Dalam mewujudkan pertanggungjawaban keuangan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 270/PMK.05/2014 tentang Penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual pada Pemerintah Pusat dan Surat dari Kementerian Keuangan perihal Jadwal Rekonsiliasi, Penyusunan, dan Penyampaian Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2022 (Unaudited), Tim Kerja Keuangan Direktorat Jenderal SDPPI menyelenggarakan kegiatan “Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun 2022” di Atria Hotel Gading Serpong (16/01/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 36 Unit Pelaksana Teknis seluruh Indonesia, Tim dari Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kementerian Keuangan, serta Tim Asistensi dari Biro Keuangan Kemkominfo.

Laporan keuangan merupakan kewajiban bagi seluruh entitas tidak terkecuali Ditjen SDPPI dan berkat peran kontribusi saudara kewajiban itu telah kita tunaikan dengan baik dan memberikan sumbangan signifikan bagi Laporan Keuangan Kementerian Kominfo, mengingat Ditjen SDPPI mengelola PNBP yang cukup besar dan belanja APBN yang tersebar di 36 Satuan Kerja sehingga memerlukan tingkat koordinatif yang tinggi”, ucap Sesditjen SDPPI Wayan Toni Supriyanto saat membuka acara.

Menurut Inspektur I Inspektorat Jenderal Kemkominfo Ivan Santoso, ”Laporan keuangan itu penting bagi pimpinan untuk mengambil keputusan yang tepat, berbasis pada laporan keuangan”.

Pada tahun 2022 Ditjen SDPPI telah mendapat penghargaan di IKPA serta Laporan Keuangan dan Pengelolaan BMN di tingkat Kementerian Kominfo yaitu peringkat terbaik pertama (Juara I) kategori IKPA yang diraih oleh Ditjen SDPPI, Setditjen SDPPI, Balmon SFR Kelas II Mataram dan Balmon SFR Kelas I Jayapura. Serta peringkat pertama kategori Laporan Keuangan dan BMN yang diperoleh Setditjen SDPPI, Balmon Denpasar, Loka SFR Pangkalpinang, Balmon SFR Kelas I Surabaya dan Balmon SFR Kelas I Semarang.

Peringkat terbaik kedua (Juara II) yaitu kategori IKPA diraih oleh BBPPT dan Balmon SFR Kelas II Banda Aceh, dan terbaik kedua dalam Laporan Keuangan dan BMN yang diperoleh Setditjen SDPPI, Balmon SFR Kelas II Pontianak dan Balmon SFR Kelas I Tangerang.

Kemudian peringkat terbaik ketiga (Juara III) IKPA diperoleh Balmon SFR Kelas I Tangerang dan Laporan Keuangan diraih Loka SFR Kendari, Balmon SFR Kelas II Banjarmasin dan Balmon SFR Kelas II Pontianak.

Wayan Toni berharap para peserta dapat memanfaatkan kegiatan penyusunan laporan keuangan ini agar menjadi lebih baik dalam melaksanakan tugas sehingga menghasilkan yang terbaik bagi instansi.

(Sumber/Foto: Karina/Mukhsinun, Setditjen SDPPI)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2022`