Menkominfo: Pandemi Covid-19 Percepat Era Digital

Menteri Kominfo beserta peserta upacara memberi penghormatan kepada bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Harkitnas di Lapangan Anantakupa, Rabu (20/05/2020).

Jakarta (SDPPI) – Situasi Pandemi Virus Corona 2019 atau Covid-19 telah mempercepat masuknya Era Digital.

“Mari kita memanfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak. Isi dengan hal-hal yang bermanfaat untuk kemajuan ekonomi, secara khusus ekonomi digital yang berkembang dari waktu ke waktu, kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam amanah Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-112, di Lapangan Anantakupa Kemkominfo, Rabu (20/5/2020).

‘Bangkit dalam Optimisme Normal Baru menjadi tema peringatan tahun ini. Momentum pergerakan nasional telah mendorong sebuah perjuangan untuk meraih perubahan besar, dari yang tidak menjadi terorganisasi dan terencana.

Demikian pula halnya dengan kesiapan bangsa ini memasuki Era Digital. Menkominfo berharap, lewat semangat Harkitnas, masyarakat bisa menghindari segala jenis hoaks, ujaran kebencian dan berbagai penyalahgunaan ruang digital yang bisa menciderai semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Johnny juga menekankan sejumlah daerah yang telah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tetap disiplin untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Pada saat yang sama, pemerintah menyiapkan berbagai langkah untuk memastikan kebutuhan dasar masyarakat tetap dipenuhi. Antara lain, protokol kesehatan, aspek perekonomian dan lapangan kerja.

“Kita semua dipanggil untuk berkolaborasi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, agar masyarakat tidak terpapar semakin meluas sekaligus tidak terkapar oleh dampak ekonomi dan sosial, katanya.

Menkominfo mengajak seluruh masyarakat merajut terus semangat gotong royong, sikap solidaritas antara sesama dan untuk terus yakin akan keluar sebagai bangsa pemenang. “Menang dalam memutus mata rantai penyeberan Covid-19, sekaligus menang dalam memulihkan kondisi sosial-ekonomi untuk mencapai Indonesia yang lebih maju.

Upacara Peringatan Harkitnas ke-112 dihadiri oleh pejabat Eselon I dan Eselon II di lingkungan Kemkominfo. Turut hadir pula Sesditjen SDPPI R Susanto dan Kabag Umum dan Kepegawaian Hasyim Fiater, mewakili Ditjen SDPPI.

Sumber/Foto : Fandi R /Iwan (Setditjen)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`