Sukses Trial 5G Indonesia Dibahas di 16th Trilateral Coordination Meeting

Aryo Pamor Agung memimpin delegasi Indonesia pada pertemuan koordinasi 3 negara di Singapura.

Singapura (SDPPI) - Pada Rabu (24/10) telah dilakukan penandatanganan kesepakatan trilateral antara 3 negara Indonesia (Kominfo), Singapura (IMDA), dan Malaysia (MCMC) di Marriott Tang Plaza Hotel, Singapura. Dalam pertemuan tersebut terdapat 2 serial meeting, yaitu 16thTrilateral Meeting dan 3rdSpecial Trilateral Meeting yang membahas khusus ASO (Analog Switch Off).

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Aryo Pamoragung selaku Kasubdit Dinas Tetap Bergerak Darat, Ditjen SDPPI Kemkominfo dan beranggotakan perwakilan dari Ditjen SDPPI, Ditjen PPI, PusKI, serta UPT Monitor Spektrum Frekuensi Radio Batam.

Pada kesempatan tersebut, Indonesia mengusulkan agar ketiga negara menggunakan konfigurasi yang sama pada pita 2.3 GHz untuk menghindari terjadinya interferensi. Selain itu Indonesia juga mengusulkan adanya re-arrangement kanal televisi siaran analog di perbatasan dalam rangka mendukung implementasi digital dividen di ketiga negara.

Beberapa hal menarik lain yang menjadi topik bahasan rapat G2G ini yaitu registrasi frekuensi daerah perbatasan, compilation agreement, komunikasi maritim pita VHF, serta kesuksesan trial 5G. Trial 5G yang dilakukan berbarengan dengan event Asian Games 2018 ini telah menjadi Nation Branding bahwa Indonesia menjadi salah satu negara terdepan dalam penerapan teknologi telekomunikasi termutakhir.

Tahun 2019, Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam gelaran 17th Trilateral Meeting.

(Sumber info/foto: Sumirah/Yati/Anna, Dit.Penataan)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `Infografis`