UNAR Nusa Penida Diikuti Peserta dari Empat Kabupaten/Kota

Kabalmon Spekfrekrad Kelas I Denpasar Zainullah Manan saat meninjau UNAR CAT Nonreguler IV di  Pulau Nusa Penida Kabupaten Klungkung-Bali, Kamis  (25/9/2022)

Nusa Penida (SDPPI) – Ujian Negara Amatir Radio (UNAR), yang dilaksanakan di Pulau Nusa Penida Kabupaten Klungkung, juga diikuti peserta dari dua kabupaten tetangga, Bangli dan Karangasem. Bahkan, sejumlah pegiat amatir radio asal Kota Denpasar juga ikut serta dalam ujian berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) tersebut.

“Jumlah seluruh peserta UNAR berjumlah 76 orang,” kata Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Denpasar Zainullah Manan, Kamis (25/9/2022), dalam sambutannya pada pembukaan UNAR CAT Nonreguler IV atau yang terakhir dilaksanakan dalam tahun ini di wilayah kerja Balmon Denpasar.

Bagi peserta yang berasal dari Bangli, Karangsasem dan Denpasar, sudah tiba di Pulau Nusa Penida satu hari sebelum pelaksanaan ujian. Mereka harus menggunakan kapal penyeberangan untuk bisa sampai di lokasi. Usai mengikuti ujian, pada sore harinya, mereka kembali ke daerah asal masing-masing.

UNAR CAT, yang dikerjasamakan dengan pemerintah daerah dan organisasi amatir radio setempat ini, mengambil tempat di Laboratorium Komputer SMAN 1 Nusa Penida. “Fasilitas dan sarana prasarana yang memadai, menjadikan ujian dapat terlaksana dengan baik tanpa ada kendala yang berarti,” kata Zainullah.

Balmon Denpasar, sebagai satu dari unit pelaksana teknis (UPT) daerah dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), mempunyai tugas dan fungsi melakukan pemantauan dan penertiban frekuensi radio, serta layanan perizinan frekuensi radio. UNAR adalah bagian dari layanan perizinan yang dilakukan Balmon di berbagai wilayah.

Kepala Balmon Denpasar minta para peserta dapat mengerjakan soal dengan baik dan jujur. Ia berharap amatir radio di wilayah Bali menggunakan frekuensi dan perangkat radio sesuai aturan dan peruntukan, agar tidak terjadi interferensi atau gangguan terhadap frekuensi yang lain. “Selain kuantitas, yang perlu ditekankan amatir radio adalah kualitas anggotanya,”pesannya.

Balmon Denpasar, tambahnya, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemda Klungkung, SMAN 1 Nusa Penida, Organisasi Amatir Radio Indonesia Daerah (Orda) Bali, Orlok Klungkung, serta semua pihak yang telah membantu terlaksananya UNAR CAT di Pulau Nusa Penida.

(Sumber/Foto : Suparja/Balmon Kelas I Denpasar)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2022`
Banner `IFaS Fest 2022`