Wakil Bupati Talaud Minta Warganya Tertib Frekuensi

Balmon Kelas II Mando menyelenggarakan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) berbasis Computer Asisted Test (CAT), di Kota Melonguane, Sabtu (9/4/2022).

Melonguane (SDPPI) – Pengguna frekuensi radio harus memiliki izin dari pemerintah sebagai legalitas dalam mengoperasikan perangkat radio.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Kepuluan Talaud Mucthar Arunde P dalam acara Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) berbasis Computer Asisted Test (CAT), yang diselenggarakan Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Manado di Kota Melonguane, Sabtu (9/4/2022).

Melalui siaran pers, Senin (11/4/2022), Balmon Manado menjelaskan UNAR di Kabupaten Kepulauan Talaud, yang merupakan kabupaten paling utara di Indonesia, adalah wujud pemerataan layanan perizinan frekuensi radio sebagaimana prinsip layanan publik yang prima.

Kegiatan ini juga sebagai wujud inovasi layanan publik yang prima dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Masyarakat harus menggunakan spektrum frekuensi radio dan perangkat telekomunikasi secara bertanggung jawab, agar tidak menimbulkan gangguan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Tim Kerja Pelayanan Publik Balai Monitor Manado Kasno menyampaikan UNAR merupakan komitmen Balmon Manado dalam mendekatkan layanan kepada masyarakat, khususnya di daerah perbatasan. “Dengan mengikuti ujian merupakan bukti dan komitmen masyarakat untuk tertib dan patuh terhadap regulasi dan ketentuan yang berlaku, khususnya dalam menggunakan frekuensi radio,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Arfan (YB8UTI) selaku ketua orari lokal Kepulauan Talaud, menyampaikan kepada calon anggota amatir radio agar dapat mengikuti ujian dengan bersungguh-sungguh. Ia berharap, setelah lulus mengikuti ujian, para calon anggota dapat berkontribusi positif kepada organisasi dan pemerintah, khususnya dalam bidang komunikasi kebencanaan dan dukungan komunikasi lainnya.

Tercatat, yang melakukan pendaftaran untuk mengikuti kegiatan UNAR berjumlah 42 orang dengan rincian 40 peserta tingkat siaga dan dua penegak. Sedangkan peserta yang hadir dan lulus dalam ujian berjumlah 25 orang. Para peserta langsung dapat mengunduh Izin Amatir Radio (IAR) sesaat setelah ujian selesai dilaksanakan.

Sumber/Foto: Kasno/ Balmon Kelas II Manado

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS-Fest 2024`