Ditjen SDPPI Terlibat Sukseskan Test Event Asian Games 2018

12-02-2018

Kementerian Kominfo c.q Ditjen SDPPI telah membentuk tim pendukung test event Asian Games 2018. Tim ini bertugas memastikan arus masuk/keluar perangkat pendukung pertandingan (timing & scoring), perizinan dan pengawasan, serta lancarnya penggunaan spektrum frekuensi radio selama test event Asian Games 2018 berlangsung.

Jakarta (SDPPI) - Guna memastikan suksesnya test event Asian Games yang berlangsung 8-15 Februari ini, panitia penyelenggara yakni Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) telah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika dalam menguji kesiapan venue dan keperluan pendukung lainnya.

Kerja sama ini juga merupakan bagian dari persiapan untuk menyambut Asian Games 2018 yang akan dimulai pada 18 Agustus dan berakhir 2 September mendatang, yang dituanrumahi oleh Jakarta dan Palembang (Sumatera Selatan).

Test event Asian Games 2018 berlangsung selama tujuh hari dari tanggal 8 – 15 Februari 2018 di Jakarta dan diikuti lebih dari 15 negara dengan beberapa cabang olah raga yang dipertandingkan seperti panahan, atletik, bola basket, taekwondo, angkat berat, pencak silat, tinju, dan bola voli.

Untuk mendukung pelaksanaan test event tersebut, tim Inasgoc menurunkan lebih dari 1300 personel yang bertugas sebagai tim sport committee dan technical official, dengan pertandingan dilangsungkan di tiga cluster di Jakarta.

Merujuk pada report ITU-R SM.2257 terkait Spectrum Management and Monitoring during Major Event dan dalam mendukung kegiatan tersebut Kementerian Kominfo c.q Ditjen SDPPI telah membentuk tim pendukung test event Asian Games 2018 yang melibatkan Direktorat Pengendalian SDPPI, Direktorat Standardisasi SDPPI, Direktorat Operasi Sumber Daya, Direktorat Penataan Sumber Daya, Setditjen SDPPI serta UPT Bidang Monitor Spektrum Frekuensi Radio DKI Jakarta, Bandung, Palembang, dan Tangerang.

Tim ini bertugas memastikan arus masuk/keluar perangkat pendukung pertandingan (timing & scoring), perizinan dan pengawasan, serta lancarnya penggunaan spektrum frekuensi radio selama test event Asian Games 2018 berlangsung.

Selama pelaksanaan pertandingan test event Asian Games 2018, Ditjen SDPPI juga menurunkan tim monitoring dan penanganan gangguan spektrum frekuensi beserta PPNS Pusat dan UPT SFR untuk mengawasi penggunaan dan mengantisipasi gangguan di lokasi media center dan tiap-tiap cluster serta venue pertandingan.

Sebelum dan selama kegiatan berlangsung, Ditjen SDPPI terus melakukan monitoring di tiga venue dan cluster yang ditetapkan sebagai lokasi pertandingan, yaitu Cluster GBK Senayan (panahan, basket, atletik, tenis), Cluster JiExpo Kemayoran (taekwondo, angkat berat, tinju), dan Cluster Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (pencak silat).

Diharapkan dengan partisipasi aktif dalam pelaksanaan test event Asian Games 2018 tersebut, tim Ditjen SDPPI mendapatkan pengalaman dan gambaran langsung untuk mempersiapkan dukungan bagi Asian Games 2018 mendatang.

(Sumber/foto: Nia, Rizqi/Dit. Pengendalian SDPPI)

Siaran Pers

SIARAN PERS NO. 257/HM/KOMINFO/10/2018
05-10-2018

Pasokan Listrik Pulih, BTS Operator Seluler Telah Berfungsi 60%

114/HM/KOMINFO/05/2018
24-05-2018

Penjelasan Adanya Hoax Terkait Informasi Viral IMEI dan Cyber Crime Polri

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

Seputar SDPPI

BBPPT dan Qualis Siap Kerja Sama Kembangkan Laboratorium Uji
19-10-2018

Bekasi (SDPPI) - Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) dan PT. Qualis...

SDPPI Sosialisasikan Sistem Elektronik Kenaikan Pangkat ASN
19-10-2018

Bogor (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Peran SDPPI Mendatang Sangat Strategis
18-10-2018

Potianak (SDPPI) - Peran Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika...

Sorotan Media

Logo Kemkominfo

Beranda | Portal Kominfo | Surel | Hubungi Kami | Peta Situs | Switch to English

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika