Siaran Pers No. 3/DJPT.1/KOMINFO/1/2007
Optimalisasi Jajaran Telekomunikasi Dalam Mendukung Upaya Pencarian Pesawat AdamAir Yang Hilang (Posisi Jam 19.00 WIB)


  1. Dalam Siaran Pers No. 2/DJPT.1/KOMINFO/1/2007 tertanggal 3 Januari 2007 disebutkan, (info_view_c_26_p_1558.htm ) bahwa PT Telkomsel telah menyediakan posko komunikasi beserta nomer telefon seluler stand-by 24 jam yang dapat dihubungi. Di samping itu disebutkan, bahwa Balai Monitoring Frekuensi Radio dan Orbit Satelit Ditjen Postel telah mulai memobilisasi mobil yang membawa perangkat monitoring frekuensi untuk membantu pencarian sinyal komunikasi di sekitar lokasi yang diperkirakan menjadi tempat jatuhnya pesawat AdamAir. Informasi lebih lanjut yang perlu disampaikan kepada publik adalah, bahwasanya PT CSM (Citra Sari Makmur) telah menyediakan perangkat ground segment yang berupa BTS Outdoor yang sifatnya mobile yang berfungsi untuk mem-back up penyebaran couverage sinyal komunikasi yang akan dilakukan oleh PT Telkomsel di sekitar kemungkinan lokasi jatuhnya pesawat. Adapun link komunikasi di-back up oleh fasilitas satelit yang dikendalikan oleh PT PSN (Pasifik Satelit Nusantara).
  2. Seandainya cuaca tidak terlalu buruk, Tim dari PT CSM dan PT Telkomsel yang diberangkatkan dari Makasar diharapkan malam ini sudah sampai di lokasi terdekat. Tugas berikutnya adalah instalasi peralatan yang disuplai oleh PT CSM dan PT Telkomsel. Fungsi koordinasi antara PT CSM, PT Telkomsel dan PT PSN ini adalah untuk memudahkan ketersediaan sinyal komunikasi yang diperlukan oleh Rescue Team (yang berasal dari Tim TNI-AUI, Basarnas dan Dephub). Keterbatasan sinyal komunikasi di daerah-daerah terpencil tersebut sangat dimungkinkan, karena pada umumnya sangat jauh dari keberadaan BTS penyelenggara telekomunikasi, sehingga keterbatasan ini diperkirakan akan mengurangi kecepatan penyampaian data informasi dalam kondisi yang sangat krusial ini.
  3. Penyelenggara telekomunikasi lain yang juga telah bergabung dengan posko komunikasi ini adalah PT Excelcomindo, yang m enyediakan posko layanan telekomunikasi gratis di Lapangan Andi Makassau – Pare Pare, Sulawesi Selatan. Posko ini dapat digunakan oleh para relawan, anggota tim SAR, para anggota keluarga korban dan media. Di posko layanan telekomunikasi ini juga tersedia XL Center Mobile yang menyediakan layanan telepon gratis. Di samping itu, PT Excelcomindo menyediakan posko akses internet gratis di XL Center, Jl. Sultan Hasanuddin no. 22, Pare-Pare, Sulawesi Selatan. XL Center ini juga dijadikanmedia center bagi media yang akan mengirimkan berita. Semua layanan PT Excelcomindo ini tersedia hingga tanggal 9 Januari 2007, tetapi tidak tertutup kemungkinan diperpanjang jika masih diperlukan.
  4. Optimalisasi jajaran telekomunikasi ini baru mulai dimobilisasi sejak jam 23.00 WIB tanggal 2 Januari 2007 setelah dipastikan, bahwa informasi telah diketemukan lokasi jatuhnya pesawat AdamAir ternyata keliru, maka sejak saat itu pula Dirjen Postel langsung mengerahkan seluruh jajarannya untuk segera cepat memobilisasi fasilitas yang ada bagi peningkatan daya dukung fasilitas komunikasi bagi upaya pencarian lokasi jatuhnya pesawat AdamAir.

Kepala Bagian Umum dan Humas,

Gatot S. Dewa Broto

HP: 0811898504

Email: gatot_b@postel.go.id

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2024`