Setditjen SDPPI Selenggarakan Kick Off Meeting Survei Pelayanan Publik

Sekretariat Direktorat Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Sekditjen SDPPI) Kemkominfo  menyelenggarakan Kick Off Meeting Survei Pelayanan Publik di Bogor, Jawa Barat (31/8). Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Bogor (SDPPI) - Sekretariat Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Setditjen SDPPI) Kemkominfo pada Rabu (31/8) di Bogor, Jawa Barat menyelenggarakan Kick Off Meeting Survei Pelayanan Publik, sebagai bagian dari upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kick Off Meeting yang berlangsung di IPB International Convention Center, Botani Square Building dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Penyusunan Program Fidyah Ernawati dan diikuti pejabat serta staf terkait di lingkungan Ditjen SDPPI.

Rapat itu juga dihadiri satuan kerja penyelenggara pelayanan publik Ditjen SDPPI, kemudian dari Pusat Data dan Sarana Informatika Kemkominfo, serta dari PT Multi Utama Risetindo selaku penyedia jasa.

Dalam sambutannya, Fidyah Ernawati mengatakan bahwa kick off meeting ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2016-2019 terkait pelayanan publik dan terciptanya peningkatan pelayanan publik bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.

Erna mengatakan, melakukan survei kepuasan masyarakat dan integritas layanan sebagai barometer peningkatan pelayanan publik merupakan langkah yang tepat sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan Publik.

Dengan melibatkan sedikitnya 1000 (seribu) responden survei pelayanan publik diharapkan dapat mencapai apa yang ditargetkan pada 2016 ini.

Kasubag Pengelolaan Data Yessi Arnaz F. yang memoderatori sesi terakhir kick off meeting mengatakan, beberapa hal yang diangkat oleh Ditjen SDPPI dalam survei pelayanan publik antara lain Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Integritas Pelayanan Publik (IIPP).

Dalam masukannya, BBPPT menyarankan untuk penyediaan alur penyampaian keluhan masyarakat sebagai rekomendasi untuk pencapai kepuasan masyarakat.

Menurut Yessi, IKM dan IIPP dapat dijadikan rujukan dalam merumuskan survei selanjutnya mengenai kepuasan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik Ditjen SDPPI.

(Sumber/Foto : Setditjen SDPPI/Mukhsinun)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2024`