Hasil Aduan Masyarakat, Peredaran TV Digital illegal Ditertibkan

Direktorat Monitoring dan Penertiban Perangkat Pos dan Informatika dan Balai Monitoring SFR Kelas I DKI Jakarta melakukan Operasi Penertiban peredaran TV Digital/Smart TV ilegal atau tidak bersertifikat. Jakarta (17/9/2019)

Jakarta (SDPPI) – Sub Direktorat Monitoring dan Penertiban Perangkat Pos dan Informatika dan Balai Monitoring SFR Kelas I DKI Jakarta melakukan Operasi Penertiban peredaran TV Digital/Smart TV ilegal atau tidak bersertifikat.

“Kegiatan ini berupa pengecekan data berdasarkan aduan masyarakat dan kondisi di lapangan yang sebenarnya,” kata Kepala Subdirektorat Monitoring dan Penertiban Perangkat Pos dan Informatika (Kasubdit Montif PPI) Irawati Tjipto Priyanti, Selasa (17/9/2019).

Operasi penertiban dilakukan sejak 9 hingga 11 September 2019. Ini sebagai tindaklanjut Program Kerja Direktorat Pengendalian SDPPI, yaitu melakukan tindakan dari pengaduan masyarakat.

Sebelumnya, telah dilakukan observasi terkait data penjualan TV Digital/Smart TV yang tidak memiliki sertifikat. Baik pengecekan secara online dan offline (toko), sesuai dengan data pengaduan tersebut.

Selain itu, telah dilakukan pemanggilan kepada perusahaan yang diduga melanggar, untuk dimintakan klarifikasi. Sedangkan untuk penjualan secara online, diberikan surat pemberitahuan untuk segera melakukan take down kepada e-commerce yang bersangkutan.

“Semua proses telah dilalui mulai dari pemanggilan untuk dimintakan klarifikasi, sampai dengan imbauan tertulis terhadap perusahaan yang perangkatnya terduga ilegal,” jelas Irawati.

Kasubdit Montib PPI berharap penertiban perangkat ini memberikan efek jera. Bagi pabrikan, diharapkan segera memproses sertifikasi sesuai ketentuan yang berlaku. Demikian pula untuk pedagang diharuskan untuk menjual perangkat yang telah bersertifikat. Sedangkan kepada petugas di lapangan diminta tetap mengedepankan upaya persuasif dan pembinaan.

Sumber/foto: Sigit Yudayanto/Rafly Octafian

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`